Hotline : (0725) 49490

Kerjasama Praktek Klinik Kebidanan

artikel

RSU Muhammadiyah Metro, 13/11/2020. Menyenlenggarakan orientasi Mahasiswa Praktek Klinik Kebidanan POLTEKES KEBIDANAN METRO acara ini bekerja sama antara Poltekes Kebidanan Metro dan RSU Muhammadiyah Metro, yang menjadi tempat praktik para mahasiswa poltekes kebidanan Metro.

 

Kepala Prodi Kebidanan Poltekes Metro, Martini Fairuz, Ners. S. Kep. MSC, menyampaikan bahwa Pembelajaran praktik klinik merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk praktik di rumah sakit dan unit pelayanan kesehatan lainnya. Kegiatan pembelajaran praktik klinik kebidanan merupakan kegiatan belajar aktif dalam situasi nyata yang memungkinkan mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mempraktikkan asuhan kebidanan yang didapatkan di kelas sesuai dengan standar pelayanan kebidanan dan berdasarkan evidence base practise.

 

Praktik Klinik Kebidanan (PKK) Rumah Sakit (RS) sebagai praktik klinik dasar bagi mahasiswa tingkat II semester III terkait mata kuliah Kebutuhan Dasar Manusia, Ketrampilan Dasar Kebidanan, Etikolegal dalam Praktik Kebidanan dan Komunikasi dalam Praktik Kebidananyang telah dicapai pada semester I dan semester Il. PKK I RSsesuai kurikulum Prodi Dill Kebidanan Metro diharapkan mampu memberikan capaian pembelajaran kepadamahasiswa dalam melaksanakan keterampilan dasar praktikklinik kebidanan terhadap pasien dengan pokok-pokok bahan kajian atau pokok bahasan meliputi: pencegahan infeksi, pengkajian dan pemeriksaan fisik pasien, pemenuhan kebutuhan dasar manusia, perawatan luka, asuhan perioeratif, persiapan pemeriksaan diagnostik dan laboratorium, pemberian obat dalam praktik kebidanan, asuhan pada klien yang mengalami kehilangan, menghadapi kematian, setelah kematian dan melakukan resusitasi jantung paru.

 

Dalam rangka memenuhi capaian pembelajaran tersebut, Prodi DIII Kebidanan Metro memberikan pengalaman kepada mahasiswa melalui praktik klinik kebidanan di rumah sakit. PKK I RS ini dilaksanakan pada semester III dengan bobot 3 SKS yang menitikberatkan pada pemenuhan kebutuhan dasar pasien secara holistik dengan memandang manusia sebagai makhuk Tuhan yang Maha Esa yang terdiri atas unsur bio-psiko-sosial,kultural, dan spiritual. Disampaikan juga bahwa dimasa pandemi saat ini, semua mahasiswa yang mengikuti praktek klinik kebidanan dilakuikan rapit tes terlebih dahulu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan, ujarnya.

 

Abdurrahim Hamdi, MA,. (wakil direktur Sumber daya insani) menerima baik para mahasiswa praktek yang di harapkan apa yang telah dipelajari didunia kampus mampu diterapkan dengan baik pada kesempatan praktek klinik kebidanan. Ujar beliau. Sejumlah empat puluh delapan (48) mahasiswi kebidanan yang akan melakukan praktek klinik kebidanan selama 13 hari. (Ade/Bina Citra)

Related Post


Comment

Form Comment

Butuh Doktor untuk Checkup Penyakit ?